Tanya Dokter

Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K)

 

Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) mengawali pendidikan kedokterannya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan menyelesaikan studi profesinya sebagai Dokter Umum pada tahun 1976. Beliau melanjutkan pendidikan kedokteran Spesialis Anak di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan berhasil mendapatkan gelar Spesialis Anak pada tahun 1986. 


Ketertarikan Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) terhadap alergi pada anak membuat beliau mendalaminya dan mengikuti Pediatric Allergy Immunology Training, Academisch Ziekenhuis Gronigen di Belanda pada tahun 1989-1990. Beliau juga dipercaya sebagai Konsultan Alergi-Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia pada tahun 1989 sp 1990 dan mendapat gelar konsultan Alergi-Imunologi Anak pada tahun 1996. Setelah itu mengikuti berbagai training antara lain di Singapore, Swiss dan John Hopkins University , Baltimore USA.


Dr.dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) berkontribusi aktif untuk memberikan edukasi mengenai alergi, salah satunya dengan menerbitkan Buku Ajar Alergi-Imunologi Anak untuk Fakultas Kedokteran Bagian Ilmu Kesehatan Anak dan mengedukasi masyarakat dengan seminar mengenai alergi, seperti Allergy Course yang diselenggarakan oleh Unit Kerja Koordinasi Alergi Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia dan Forum Diskusi Nutritalk yang diselenggarakan oleh Sarihusada yang bertajuk Nutrisi Awal Kehidupan untuk Atasi Dampak Jangka Panjang Alergi pada Anak. 


Saat ini beliau aktif menjabat sebagai Ketua Divisi Alergi-Imunologi Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonsia. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi cabang Jakarta Raya pada tahun 2003 – 2009 dan Ketua Unit Kerja Koordinasi Alergi-Imonologi Ikatan Dokter Anak Indonesia pada tahun 2003 – 2008. Gelar doktor diraihnya pada tahun 2010.

KIRIM

ASI merupakan "makanan" terbaik yang mengandung gizi paling lengkap untuk si Kecil. ASI mengandung asam lemak, laktosa, air, dan asam amino dalam kandungan yang tepat dan sesuai untuk pencernaan, perkembangan otak dan pertumbuhan si Kecil. ASI juga mengandung zat zat yang dapat merangsang kekebalan tubuh bayi yang dapat mencegah terjadinya reaksi alergi.


SAYA SETUJU
Untuk Anda yang baru pertama kali bertanya dan berbagi

Dengan meng-klik tombol Sign Up with Facebook / Twitter, Anda mengizinkan Situs Alergi Anak untuk mempublikasi pertanyaan Anda di situs ini, bersama dengan avatar akun Facebook / Twitter Anda, nama depan, dan provinsi / wilayah Anda. Anda juga setuju bahwa pertanyaan yang Anda kirim telah sesuai dengan persyaratan Kebijakan Privasi Tanya Situs Alergi Anak.