Info Alergi

Faktor Penyebab Alergi

Faktor Penyebab Alergi

Si kecil berisiko lebih besar terkena alergi jika memilki riwayat keluarga alergi karena alergi bisa diturunkan secara genetik dari ibu, ayah, kakek, nenek, dan anggota keluarga lainnya meski alergi yang diderita dalam keluarga besar tersebut bisa saja berbeda-beda.

Tahukan anda bahwa ada beberapa faktor dapat dianggap berkaitan dengan munculnya gejala alergi seperti: alergen, infeksi, polusi, aktivitas fisik atau emosi. Secara lebih detail dapat diuraikan contohnya sebagai berikut:

  • Gangguan dari dalam tubuh sendiri (lapisan saluran napas, usus, atau kulit),
  • Faktor lingkungan (polusi udara, terpapar asap rokok, ventilasi kurang baik), atau
  • Hipotesis hygiene, yaitu anak yang sering kena infeksi (atau mendapat imunisasi vaksin hidup) saat kecil, justru jarang mengalami alergi.
  • Faktor genetika akibat sistem imunitas atau daya tahan tubuh yang tidak normal.

Apabila anda bingung dalam menentukan apakah gejala yang muncul pada si kecil merupakan reaksi alergi atau ada indikasi dari penyakit lain, silahkan konsultasikan dengan dokter anak anda.

KIRIM

ASI merupakan "makanan" terbaik yang mengandung gizi paling lengkap untuk si Kecil. ASI mengandung asam lemak, laktosa, air, dan asam amino dalam kandungan yang tepat dan sesuai untuk pencernaan, perkembangan otak dan pertumbuhan si Kecil. ASI juga mengandung zat zat yang dapat merangsang kekebalan tubuh bayi yang dapat mencegah terjadinya reaksi alergi.


SAYA SETUJU
Untuk Anda yang baru pertama kali bertanya dan berbagi

Dengan meng-klik tombol Sign Up with Facebook / Twitter, Anda mengizinkan Situs Alergi Anak untuk mempublikasi pertanyaan Anda di situs ini, bersama dengan avatar akun Facebook / Twitter Anda, nama depan, dan provinsi / wilayah Anda. Anda juga setuju bahwa pertanyaan yang Anda kirim telah sesuai dengan persyaratan Kebijakan Privasi Tanya Situs Alergi Anak.