Info Alergi

Nutrisi Khusus

Nutrisi Khusus

Air susu ibu atau ASI adalah makanan terbaik yang dapat diterima oleh si Kecil di dua tahun pertama hidupnya. Namun memang terkadang ada kasus-kasus khusus yang akhirnya membuat orangtua terpaksa harus memberikan formula pada si Kecil. Sebaiknya orangtua berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai pemberian susu formula yang sesuai dan memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Lepas dari 6 bulan pertama, si Kecil perlu mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI dimana ia mulai belajar untuk mengembangkan keterampilan mengunyah makanan. MPASI diberikan secara bertahap, dari yang halus, agak kasar, kasar, hingga sama dengan makanan orang dewasa (biasanya di usia 1 tahun). Pada saat pemberian MPASI inilah orangtua perlu jeli dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi si Kecil.

Jika si Kecil kemudian dicurigai mengalami alergi susu sapi, sebaiknya ia diberi sumber protein lain yang memiliki kualitas setara dengan protein susu sapi. Tentunya orangtua harus tetap berkonsultasi dengan dokter agar si Kecil mendapatkan nutrisi yang tepat. Biasanya dokter akan memberikan alternatif susu formula khusus sebagai berikut :

  • Susu formula terhidrolisis parsial : protein pada susu ini melalui proses hidrolisis parsial, yaitu susu diproses tapi disisakan sebagian protein susu yang menyebabkan alergi. Tujuannya agar tubuh mengenali zat tersebut hingga suatu saat si Kecil minum susu, si Kecil dapat mengenali alergen dan tak muncul reaksi alergi. Susu ini diberikan pada si Kecil yang belum muncul manifestasi alerginya.
  • Susu formula terhidrolisis sempurna : protein pada susu ini mengalami proses hidrolisis ekstensif, yaitu susu tidak mengandung alergen sama sekali. Susu ini diberikan untuk si Kecil dengan manifestasi alergi.
  • Susu formula soya: susu ini menjadi alternatif bagi si Kecil yang alergi susu sapi namun tidak alergi terhadap kacang kedelai. Sehingga dibuatlah susu formula berbahan dasar isolat protein soya. Susu formula berbahan dasar soya merupakan alternatif yang sering dipakai orangtua pada si Kecil yang alergi susu sapi karena harga yang lebih murah dan rasanya yang enak.

 

Referensi : Valenta, R, Hochwallner, H, Linhart B, Pahr, S. Food allergies: the basics. Gastroenterlogy 2015 148(6): 1120-31

KIRIM

ASI merupakan "makanan" terbaik yang mengandung gizi paling lengkap untuk si Kecil. ASI mengandung asam lemak, laktosa, air, dan asam amino dalam kandungan yang tepat dan sesuai untuk pencernaan, perkembangan otak dan pertumbuhan si Kecil. ASI juga mengandung zat zat yang dapat merangsang kekebalan tubuh bayi yang dapat mencegah terjadinya reaksi alergi.


SAYA SETUJU
Untuk Anda yang baru pertama kali bertanya dan berbagi

Dengan meng-klik tombol Sign Up with Facebook / Twitter, Anda mengizinkan Situs Alergi Anak untuk mempublikasi pertanyaan Anda di situs ini, bersama dengan avatar akun Facebook / Twitter Anda, nama depan, dan provinsi / wilayah Anda. Anda juga setuju bahwa pertanyaan yang Anda kirim telah sesuai dengan persyaratan Kebijakan Privasi Tanya Situs Alergi Anak.