Info Alergi

Pertolongan Pertama Pada Anak Yang Mengalami Gejala Alergi

Pertolongan Pertama Pada Anak Yang Mengalami Gejala Alergi

1. Panik adalah respon yang umumnya ditunjukkan orangtua kala si Kecil memperlihatkan gejala alergi. Padahal, pengananan awal yang cepat di rumah dapat meringankan gejala tersebut dengan cepat.

2. Yang perlu anda tangani segera dari reaksi alergi adalah reaksi anafilaksis. Reaksi anafilaksis adalah reaksi alergi berat yang terjadi setelah terjadi pajanan (kontak) dengan zat penyebab alergi melalui mekanisme hipersensitivitas tipe I yaitu produksi IgE dan histamin.

3. Berikut adalah tanda alergi berat (anafilaksis) pada si Kecil yang perlu anda kenali agar tetap waspada :

  • Muncul gatal-gatal atau kemerahan di seluruh tubuh si Kecil
  • Muncul sesak yang disertai napas berbunyi
  • Bibir hingga wajah membengkak
  • Bibir kebiruan dengan napas memburu
  • Suara serak atau hilang terjadi secara mendadak
  • Sulit menelan akibat pembengkakan saluran tenggorokan
  • Sakit perut, mual, hingga muntah-muntah
  • Dilanjutkan dengan kaki dan tangan si Kecil yang dingin hingga penurunan kesadaran. Hal ini dapat terjadi baik pada si Kecil yang memiliki riwayat alergi sebelumnya maupun tidak.

4. Yang harus segera anda lakukan bila hal tersebut terjadi adalah :

  1. Awasi jalan napas si Kecil, hindari dari kemungkinan tersedak. Hindari benda-benda yang mungkin membuat tersedak, lalu miringkan posisi si Kecil.
  2. Perhatikan pola pernapasannya, apakah si Kecil tampak sesak? Cari posisi yang sesuai untuk mengurangi sesak yang dirasakan si Kecil.
  3. Rabalah nadi atau ujung jari kaki dan tangan si Kecil, apakah terasa dingin? Bila ya, hangatkan segera dengan menutupi dengan selimut atau kantung air hangat.

Jika anda mencurigai adanya reaksi anafilaksis, anda dapat memberikan adrenalin autoinject yaitu obat adrenalin sekali pakai yang disuntikkan ke otot yang tersedia di apotik. Segera bawa si Kecil ke dokter atau unit gawat darurat untuk mendapatkan penangan lebih lanjut.

KIRIM

ASI merupakan "makanan" terbaik yang mengandung gizi paling lengkap untuk si Kecil. ASI mengandung asam lemak, laktosa, air, dan asam amino dalam kandungan yang tepat dan sesuai untuk pencernaan, perkembangan otak dan pertumbuhan si Kecil. ASI juga mengandung zat zat yang dapat merangsang kekebalan tubuh bayi yang dapat mencegah terjadinya reaksi alergi.


SAYA SETUJU
Untuk Anda yang baru pertama kali bertanya dan berbagi

Dengan meng-klik tombol Sign Up with Facebook / Twitter, Anda mengizinkan Situs Alergi Anak untuk mempublikasi pertanyaan Anda di situs ini, bersama dengan avatar akun Facebook / Twitter Anda, nama depan, dan provinsi / wilayah Anda. Anda juga setuju bahwa pertanyaan yang Anda kirim telah sesuai dengan persyaratan Kebijakan Privasi Tanya Situs Alergi Anak.