Berbagai Macam Jenis Parasit Pada Anjing Dan Cara Pengobatannya 

Berbagai Macam Jenis Parasit Pada Anjing Dan Cara Pengobatannya Seperti yang kita ketahui banyak jenis parasit yang bisa tumbuh pada anjing kesayangan kita.

Berbagai macam jenis parasit yang umum dialami anjing yaitu:

  1. Kutu adalah salah satu parasit yang hampir dimiliki semua anjing peliharaan kita.Cara pengobatan pada parasit ini dapat dikontrol dan diatasi dengan memberikan obat tetes kutu, shampoo,ataupun kalung anti kutu.
  2. Tungau merupakan salah satu parasit yang berukuran kecil yang hidup di dalam saluran telinga peliharaan kita.Jika terinfeksi tungau anjing akan merasakan rasa gatal pada telinga nya.Cara pengobatannya yaitu menggunakan obat tetes anti tungau di telinga.
  3. Kutu demodex yang biasanya hidup di kulit anjing.Dalam bahasa sederhana kutu demodex dapat dikatakan seperti kudis.
  4. Kutu cheyletiella merupakan kutu yang hidup di atas kulit, menyebabkan iritasi, rasa gatal dan ketombe. Ukuran kutu ini lumayan besar.

Selain itu tentunya masih ada berbagai macam parasit berbahaya seperti:

Giardia merupakan parasit yang hidup di dalam saluran pencernaan hewan. Parasit ini dapat menyebabkan diare pada anjing kesayangan kita dan dapat juga tertular dengan manusia. Gejala-gejala terinfeksi parasit ini yaitu, diare, kembung, mual ataupun muntah, kotoran yang berminyak dan mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap. Cara pengobatan parasit giardia ini sebagai berikut yaitu, memberikan metronidazole tetapi memiliki efek samping dan tingkat keberhasilannya hanya tujuh puluh persen saja atau bisa juga didiskusikan pada dokter hewan sesuai dengan kondisi anjing kita.

Cacing tambang merupakan parasit yang berukuran kecil, pipih. Parasit ini juga hidup di dalam saluran pencernaan hewan. Ada tiga jenis cacing tambang yang dapat menginfeksikan anjing kita dan ada juga jenis cacing yang dapat berpindah ke tubuh manusia melalui kulit.

Gejala-gejala terinfeksi oleh cacing tambang atau parasit ini adalah sebagai berikut, diare, kehilangan berat badan ataupun berat badan tidak naik, anjing lemas atau pucat yang dapat menyebabkan kematian,batuk.

Pengobatan yang dapat dilakukan pada jenis parasit ini yaitu pemberian obat cacing yang teratur pada hewan peliharaan kita. 

Cacing cambuk juga merupakan jenis parasit yang sama dengan jenis cacing tambang. Memiliki ukuran yang sangat kecil dan juga hidup di dalam saluran pencernaan hewan. Gejala yang dimiliki pun hampir sama dengan gejala yang dialami dengan cacing tambang. Pengobatannya juga sama dengan cacing tambang yaitu pemberian obat cacing secara teratur.

Ringworm sebenarnya bukan parasit. Mendapatkan julukan ringworm karena lukanya yang berbentuk merah dan lingkaran. Parasit ini dapat menginfeksikan kulit manusia. Pada parasit ini dokter akan menyarankan obat oles pada kulit anjing.

Penyakit Cacing jantung yang biasanya hidup di dalam pembuluh darah anjing pada jantung dan hatinya yang ditularkan dari nyamuk. Gejala terinfeksi cacing jantung yaitu batuk, detak jantung yang tidak beraturan, kerusakan pada jantung dan hati, atau yang paling fatal yaitu kematian.