Beberapa Jenis Berita Hoax Atau Fake News Yang Ada Di Media Sosial

Berdasarkan dari kamus besar bahasa indonesia (KBBI), ‘Hoax’ merupakan ‘berita bohong’. Dalam oxford english dictionary, ‘Hoax’ dikatakan berbentuk sebagai ‘kebohongan yang dibuat dengan tujuan yang jahat’. Banyak sekali orang yang mengatakan ‘Hoax’ sebagai ‘berita bohong yang sangat tidak saya sukai’.

‘ fake news’ atau lebih sering dikenal dengan kata ‘Hoax’ bukanlah sesuatu yang baru dan juga pada masa mesin cetak baru diciptakan pada tahun 1439 juga sudah banyak tersebar berita hoax yang menyebar bahkan berita hoaxnya lebih berbahaya dari pada berita hoax sekarang. Sebelum era digital seperti jaman sekarang ini, ‘fake news’ atau ‘Hoax’ lebih berbahaya dari pada sekarang karena pada jaman dahulu hoax itu sulit untuk dicari tahu benar atau tidaknya berita tersebut.

 

Berikut ini merupakan beberapa jenis berita hoax ataupun fake news yang sering beredar di media sosial:

 

  • Hoax proper

 

Hoax dalam bentuk termurninya adalah berita bohong yang di buat oleh seseorang dengan sengaja. Orang yang membuat berita hoax sudah mengetahui bahwa berita yang ia buat merupakan berita yang tidak benar atau berita bohong yang memiliki tujuan untuk mengelabui atau menipu orang banyak dengan berita yang ia buat.

 

  • Judul yang berbeda dengan isi berita

 

Kebiasaan buruk dari banyak orang adalah hanya melihat judul dari sebuah berita atau artikel tanpa membaca isi berita itu. Banyak artikel maupun berita yang tersebar di media sosial yang isinya benar adanya tetapi memiliki judul yang tidak sama dengan inti dari artikel ataupun beritanya.

 

  • Berita yang benar adanya tetapi konteks yang menyesatkan

 

Jenis berita ini juga banyak sekali tersebar di media sosial. Kebiasaan buruk lain dari banyak orang adalah membaca berita dan menyebarnya tanpa melihat itu berita kapan nya. Terkadang ada berita yang benar terjadi dan sudah terjadi sejak lama yang dapat menyebar kembali ke media sosial. Ini membuat berita tersebut terlihat seperti berita baru terjadi. Berita jenis ini dapat menyesatkan banyak orang yang tidak membaca atau mengecek kembali tanggal dan tahunnya.

 

Masih banyak jenis jenis berita hoax yang tersebar di media sosial yang dapat berakibat buruk pada pembacanya yang tidak melihat apakah berita itu benar atau tidak dan apakah berita itu berita yang baru saja terjadi atau tidak.

 

Pembuat berita hoax pasti memiliki konsekuensi yang harus ia tanggung ketikan menyebarkan berita bohong tersebut. Konsekuensi yang harus diterima oleh pembuat berita hoax diantaranya adalah di benci oleh orang banyak, menyusahkan atau menyakiti seseorang secara fisik dan juga masih banyak lagi konsekuensi yang harus diterima oleh pembuat berita hoax.