Dampak Buruk Daripada Kebakaran Hutan Bagi Lingkungan Sekitar Kita

Pada masa sekarang banyak hutan di indonesia yang telah hilang akibat kebakaran hutan yang disebabkan oleh manusia. Hutan akibat kebakaran itu dijadikan pabrik maupun dijadikan pemukiman oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dampak kebakaran hutan itu hingga sampai saat ini masih menjadi suatu permasalahan yang sangat besar bagi negara kita ini. Menurut beberapa data dari kementrian lingkungan hidup dan kehutanan republik indonesia, luas kebakaran hutan dan lahan dari tahun ke tahun ( 2016 sampai 2020 ) telah mencapai 3.079.313,77 HA ( 30.7933.138 KM )  sampai saat ini sudah sekitar 4.813 HA hutan yang sudah terbakar.

Penyebab kebakaran hutan sendiri memiliki dua faktor. Diantaranya, karena faktor dari alam dan juga ulah dari manusia. Seperti yang kita ketahui sekarang penyebab kebakaran hutan yang sering terjadi di masa sekarang ini adalah ulah dari manusia. Dari yang dikatakan pemerintahan sebanyak 99% kebakaran hutan yang terjadi disebabkan oleh ulah manusia,  Baik karena kecerobohan orang maupun disengaja oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Seperti kebakaran hutan yang terjadi di daerah sekitar kalimantan dan sulawesi ini bertujuan untuk pembukaan lahan baru untuk kelapa sawit.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dampak dari kebakaran hutan sangatlah berbahaya bagi manusia maupun berbahaya bagi lingkungan kita.

Dampak kebakaran hutan membuat banyaknya zat zat berbahaya bagi bumi kita keluar. Contohnya karbon dioksida(CO2), karbon monoksida(CO), nitrogen oksigen(NO), dan masih banyak zat zat berbahaya lainnya yang bisa merusak oksigen yang dapat berdampak pada kesehatan tubuh seseorang.

Dampak buruk lainnya akibat kebakaran hutan adalah hilangnya beberapa jumlah spesies yang mengakibatkan punahnya beberapa hewan, erosi hutan,penurunan kualitas air, penurunan oksigen akibat kebakaran hutan yang terlalu sering, pemanasan global, meningkatnya bencana alam, dan berbagai dampak lainnya yang dapat menyebabkan rusak nya ekosistem di bumi. Marilah kita sebagai manusia menjaga bumi kita agar tetap sehat dan juga agar tetap dapat terjaga ekosistemnya.