Info Alergi

Gejala Alergi Pada Sistem Pernapasan

Gejala Alergi Pada Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan kita terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Gejala alergi yang muncul pada sistem pernapasan ini biasanya akibat reaksi alergi terhadap alergen yang terhirup (misalnya debu, asap rokok, polusi udara, tungau, dan bulu binatang). Berikut adalah gejalanya:

  • Sesak napas dan/atau batuk yang bersifat kambuhan, hilang timbul bisa disertai dahak
  • Napas yang berbunyi ngik-ngik (mengi)
  • Sering pilek yang hilang timbul dengan lendir hidung yang jernih dan cair
  • Bersin-bersin dan rasa gatal di hidung, langit-langit mulut, atau telinga
  • Radang tenggorokan berulang
  • Hidung tersumbat yang hilang timbul

Apakah anda pernah mendengar tentang rhinitis alergi? Gangguan alergi di hidung sering juga disebut rhinitis alergi. Gejala alergi akibat peradangan di hidung ini termasuk yang paling umum ditemukan di seluruh dunia. Rhinitis alergi memicu berbagai gejala seperti hidung tersumbat dan gatal, bersin-bersin, mata berair, keluar cairan lendir dari hidung, dan post nasal drip (sensasi menetes lendir di belakang hidung).

Peradangan alergi di hidung ini dapat terjadi secara terus-menerus dan musiman. Alergi yang terus menerus disebabkan oleh kontak dengan alergen yang banyak ditemukan di sekitar seperti debu dan tungau, jamur serta bulu binatang. Rhinitis alergi musiman kadang disebut sebagai demam rumput kering (hay fever), ketika serbuk sari sedang banyak berterbangan di udara.

Sesak napas atau asma adalah peradangan saluran pernafasan yang mengakibatkan kesulitan bernapas akibat menyempitnya saluran udara bronkial sehingga pasokan udara ke paru-paru menjadi kurang. Asma tidak selalu disebut alergi, namun disebut sebagai gejala alergi yang disebabkan oleh alergen yang terhirup. Gejala-gejala asma yang umum adalah napas pendek, batuk, napas berbunyi dan dada sesak.

Jika anak anda memiliki gejala rhinitis alergi dan asma sebaiknya ia menghindari hewan peliharaan, karpet, dan bahan-bahan yang menyerap debu. Selain itu juga kurangi minuman yang dingin dan makanan yang dapat mencetuskan alergi.

KIRIM

ASI merupakan "makanan" terbaik yang mengandung gizi paling lengkap untuk si Kecil. ASI mengandung asam lemak, laktosa, air, dan asam amino dalam kandungan yang tepat dan sesuai untuk pencernaan, perkembangan otak dan pertumbuhan si Kecil. ASI juga mengandung zat zat yang dapat merangsang kekebalan tubuh bayi yang dapat mencegah terjadinya reaksi alergi.


SAYA SETUJU
Untuk Anda yang baru pertama kali bertanya dan berbagi

Dengan meng-klik tombol Sign Up with Facebook / Twitter, Anda mengizinkan Situs Alergi Anak untuk mempublikasi pertanyaan Anda di situs ini, bersama dengan avatar akun Facebook / Twitter Anda, nama depan, dan provinsi / wilayah Anda. Anda juga setuju bahwa pertanyaan yang Anda kirim telah sesuai dengan persyaratan Kebijakan Privasi Tanya Situs Alergi Anak.