Info Alergi

Tes Alergi Bagi Anak Anda

Tes Alergi Bagi Anak Anda

Apakah anda pernah mendengar tentang skin prick test (SPT)?

Tes alergi adalah tes untuk mengetahui apakah anak alergi dan/atau mengetahui jenis zat yang menyebabkannya alergi. Tes alergi yang umum dilakukan adalah uji kulit yang terdiri dari skin prick test, uji intradermal, dan patch test. Skin prick test (SPT) dan uji intradermal merupakan gold standard pada reaksi alergi cepat, sedangkan patch test digunakan pada reaksi alergi lambat.

  • Skin prick test (SPT) mudah dikerjakan, cukup aman dengan efek samping minimal. Hasil uji ini dapat dibaca dalam waktu 15-20 menit dan dinyatakan positif jika terdapat wheal (area yang menunjukkan reaksi alergi pada kulit) dengan diameter 3 mm atau lebih. Jika sedang menggunakan obat antihistamin atau kortikosteroid sebaiknya dihentikan dahulu 3 hari sebelum waktu tes. Bila tidak mungkin dilakukan SPT bisa dengan cara mengukur IgE spesifik.
  • Uji intradermal dilakukan dengan menyuntikkan alergen 0,02-0,03 ml secara intradermal, hingga terbentuk wheal sebesar 3 mm, dan dapat dibaca 15-20 menit setelah penyuntikan. Hasil dinyatakan positif jika wheal bertambah 3 mm dari wheal awal dengan adanya kemerahan di sekitar wheal. Uji intradermal memiliki risiko anafilaksis yang lebih besar dibandingkan dengan SPT. Pada alergi yang dicurigai tipe cepat, maka pemeriksaan SPT dilakukan terlebih dahulu, apabila ditemukan hasil yang negatif, maka dilakukan langkah pemeriksaan dengan uji intradermal.
  • Pada reaksi tipe lambat, pemeriksaan dapat dilakukan dengan uji intradermal, patch test, dan uji provokasi sebagai langkah akhir penegakan diagnosis. Patch test dilakukan untuk membuktikan alergi kulit karena kontak dengan alergen. Beberapa zat pemicu alergi ditempelkan pada kulit dengan tempelan khusus selama 48-72 jam.

Setiap jenis tes alergi ini akan sebaiknya dilakukan di klinik khusus alergi atau rumah sakit yang siap untuk mengatasi kondisi syok anafilaksis (reaksi alergi parah yang dapat menyumbat saluran napas). Pelaksanaannya juga harus direkomendasikan dan diawasi oleh dokter anak atau dokter ahli alergi.

KIRIM

ASI merupakan "makanan" terbaik yang mengandung gizi paling lengkap untuk si Kecil. ASI mengandung asam lemak, laktosa, air, dan asam amino dalam kandungan yang tepat dan sesuai untuk pencernaan, perkembangan otak dan pertumbuhan si Kecil. ASI juga mengandung zat zat yang dapat merangsang kekebalan tubuh bayi yang dapat mencegah terjadinya reaksi alergi.


SAYA SETUJU
Untuk Anda yang baru pertama kali bertanya dan berbagi

Dengan meng-klik tombol Sign Up with Facebook / Twitter, Anda mengizinkan Situs Alergi Anak untuk mempublikasi pertanyaan Anda di situs ini, bersama dengan avatar akun Facebook / Twitter Anda, nama depan, dan provinsi / wilayah Anda. Anda juga setuju bahwa pertanyaan yang Anda kirim telah sesuai dengan persyaratan Kebijakan Privasi Tanya Situs Alergi Anak.